Mini Corpu Bagian Organisasi, Sebuah Inovasi Pengembangan Kompetensi Pegawai

Ditengah tuntutan dan perkembangan organisasi yang semakin dinamis, diperlukan pegawai yang kompeten dan profesional dalam merespon tuntutan. Hal tersebut menjadi fokus perhatian utama dari Bagian Organisasi untuk kompetensi pegawainya dimana kondisi jumlah PNS nya masih 47,22% dibandingkan dengan hasil analisa jabatan dan beban kerja sehingga pola pelaksanaan pekerjaan dilaksanakan melalui manajemen kerjasama atau yang dikenal dengan Manajemen Football. Tercetuslah sebuah inovasi pengembangan kompetensi pegawai melalui sebuah mini corpu. Mini corpu menjadi wadah saling sharing dan transfer pengetahuan dari masing-masing pegawai sesuai kompetensinya.

Mini corpu Bagian Organisasi dimulai bulan Februari 2021 dan sudah terlaksana sebanyak 2 kali. Pelaksanaan mini corpu selama ini dengan menghadirkan narasumber dan moderator seorang analis pada Bagian Organisasi. Jumat, tanggal 19 Maret 2021 dilaksanakan  mini corpu yang ketiga yang mengambil tema Analisis Jabatan dan Beban Kerja dengan Narasumber Tri Puspitasari,S.Si dan Moderator Sugiyarno. Pada kesempatan ini disampaikan materi pedoman analisis jabatan dan pengukuran beban kerja. Analisis Jabatan pada dasarnya merupakan proses, metoda dan teknik untuk memperoleh data jabatan, mengolahnya menjadi informasi jabatan dan menyajikan bagi kepentingan program kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan dan perencanaan kediklatan. Salah satu contoh diskusi yang menarik bahwa data uraian tugas jabatan untuk standar kerja rata-rata  dipakai dalam penyusunan standar operasional procedure.

Melalui mini corpu Bagian Organisasi dan kemauan dari masing-masing pegawai untuk  belajar  maka kompetensi pegawai yang ada menjadi berkembang dan meningkat. Mini corpu bisa menjadi salah satu cara membentuk profil smart ASN  yang berupa profesionalisme khususnya di Bagian Organisasi.(why)