Strategi Internalisasi Employer Branding dan Core Values ASN BerAKHLAK Dalam Rangka Transformasi SDM Aparatur di Pemerintah Kota Yogyakarta

Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta mengadadakan Focus Group Disscusion (FGD) bertajuk “Strategi Internalisasi Employer Branding dan Core Values ASN BerAKHLAK Dalam Rangka Transformasi SDM Aparatur di Pemerintah Kota Yogyakarta” pada Selasa (07/9). FGD kali ini menghadirkan narasumber Dra. Damayani Tyastianti, M.Q.M (Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan peserta ASN Pemerintah Kota Yogyakarta.

FGD ini dibuka dengan sambutan dari Plt. Asisten Administrasi Umum Drs. Kris Sarjono Sutejo MM yang mengatakan bahwa penetapan core values Aparatur Sipil Negara BerAKHLAK dilakukan sebagai akselerasi transformasi Aparatur Sipil Negara.

Saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis melalui percepatan reformasi birokrasi. Momentum perubahan ini mendukung pelaksanaan program prioritas kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin terkait Pembangunan Sumber Daya Manusia guna mewujudkan Sumber Daya Manusia yang memiliki profil pekerja keras, dinamis, terampil, dan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dengan ditetapkannya core values memberikan penguatan budaya kerja Aparatur Sipil Negara yang profesional sekaligus memudahkan proses adaptasi bagi Aparatur Sipil Negara ketika melakukan mobilitas antar instansi pemerintah. Adanya satu core values yang berlaku secara umum turut memperkuat peran Aparatur Sipil Negara sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Seperti yang disampaikan oleh narasumber, bahwa core values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara  "Bangga Melayani Bangsa" yang telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertujuan untuk menyeragamkan core values bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja Aparatur Sipil Negara yang profesional. BerAKHLAK yang dimaksud merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

Pada kesempatan ini narasumber juga menjabarkan core values BerAKHLAK yaitu :

  • Berorientasi Pelayanan, "Kami berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat" dengan panduan perilaku memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan dan Melakukan perbaikan tiada henti
  • Akuntabel, "Kami bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan" dengan panduan perilaku Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, disiplin, dan berintegritas tinggi, Menggunakan kekayaan dan barang milik negara dengan bertanggung jawab, efektif, dan efisien dan Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
  • Kompeten, "Kami terus belajar dan mengembangkan kapabilitas" dengan panduan perilaku Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, Membantu orang lain belajar dan Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
  • Harmonis, "Kami saling peduli dan menghargai perbedaan" dengan panduan perilaku Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, Suka menolong orang lain  dan Membangun lingkungan kerja kondusif
  • Loyal, "Kami Berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara“ dengan panduan perilaku Memegang teguh ideologi pancasila, UUD’45, setia pada NKRI dan Pemerintahan yang sah , Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan Negara dan Menjaga rahasia jabatan dan negara
  • Adaptif, "Kami terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan" dengan panduan perilaku Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan, Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas dan Bertindak proaktif.
  • Kolaboratif, "Kami membangun kerja sama yang sinergis" dengan panduan perilaku Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi,  Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah dan Menggerakan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

Diharapkan dengan adanya acara ini,  Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Yogyakarta dapat segera memahami dan menyelaraskan perilaku yang mengacu kepada panduan perilaku yang sudah ditetapkan dan bersama-sama membangun Employer Branding Aparatur Sipil Negara yang kuat di masyarakat yaitu “Bangga Melayani Bangsa”, dan yang terpenting konsep ini tidak hanya menjadi slogan, tetapi harus menjadi nilai karakter Aparatur Sipil Negara yang bisa dilihat nyata oleh masyarakat dan muncul dalam sikap, perbuatan, perkataan, dan pengabdian Aparatur Sipil Negara dalam melaksanakan tugas pekerjaan. Penjabaran core values BerAKHLAK tersebut haruslah diamalkan dan ditujukan bagi kemajuan negara.