Pemerintah Kota Yogyakarta Meraih Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021

YOGYAKARTA- Pemerintah Kota Yogyakarta dengan Inovasi Pelayanan Publik berjudul Gerakan Kampung Panca Tertib (Rampung Panertib) Kota Yogyakarta telah meraih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 dalam rangka Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

KIPP merupakan upaya dari Pemerintah Pusat untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui Gerakan wajib 1 (satu) instansi 1 (satu) inovasi. Kegiatan ini diselenggarakan setiap satu tahun sekali dengan melibatkan seluruh pemerintah daerah di Indonesia. KIPP sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2021 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan Badan Usaha Milik Daerah.

Tujuan dari adanya KIPP adalah menjaring, mendokumentasikan, mendiseminasikan, dan mempromosikan inovasi pelayanan publik sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik. Kondisi ini akan berdampak pada peningkatan citra penyelenggara pelayanan publik dan mendorong keberlanjutan inovasi pelayanan publik.

Dari 1.619 inovasi yang lolos administrasi telah terpilih 260 proposal yang lolos dan kemudian diambil Top 45 Pelayanan Publik Terpuji. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 1024 Tahun 2021 tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD Tahun 2021 telah ditetapkan bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta meraih Top 45 Pelayanan Publik terpuji.

Acara Puncak Pemberian Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 diselenggarakan pada hari Selasa, 9 November 2021 pukul 10.30 sampai dengan 12.00 WIB secara virtual. Sebelum acara ini dimulai, Kemenpanrb menyelenggarakan acara talkshow (dialog interaktif) sebagai acara pendahuluan yang dimulai pukul 09.00 WIB. Telah hadir dalam acara tersebut Bapak Tjahjo Kumolo, S.H. selaku Menteri PANRB, Prof. Dr Diah Natalisa, MBA selaku Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Dr. Gabriel Lele, SIP, M.Si selaku Tim Evaluasi KIPP, Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY, dan seluruh Kepala Daerah Peraih Top Inovasi Pelayanan Terpuji lainnya.

Pemberian penghargaan tersebut kepada Pemerintah Kota Yogyakarta dilaksanakan secara virtual di Ruang Yudhistira Kompleks Balaikota Yogyakarta dengan dihadiri oleh Bapak Drs. Agus Winarto, M.I.P. selaku Ka. Satpol PP Kota Yogyakarta beserta jajarannya dan Ibu Patricia Heny Dian Anitasari, S.H., M.Hum., selaku Ka. Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta beserta jajarannya. Acara ini berlangsung meriah dan penuh suka cita mengingat secara perdana Pemerintah Kota Yogyakarta meraih Top 45 Pelayanan Publik Terpuji.