E-SI BRITA: INOVASI YANG LAHIR DARI MINI CORPU BAGIAN ORGANISASI

     YOGYAKARTA- Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta menginisiasi Inovasi E-SI BRITA (Elektronik Arsip Bagian Organisasi untuk Pemerintah Kota Yogyakarta) sebagai tindak lanjut Diklat Manajemen Kearsipan Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh MAP UGM pada tanggal 10-11 November 2021. Pelatihan ini dilaksanakan oleh dua staf dari Bagian Organisasi yakni Tri Wahyuningsih dan Grezia Eleganza N.P., dan ditindaklanjuti dalam mini corpu Bagian Organisasi yang dipimpin oleh Kepala Bagian Organisasi, Ibu P. Heny Dian Anitasari, SH., M.Hum.

    Acara yang diselenggarakan pada Jumat, 19 November 2021 ini sebagai ajang sharing knowledge antar pegawai. Tri Wahyuningsih dan Grezia Eleganza Nur P yang merupakan peserta diklat bertindak sebagai narasumber dalam mini corpu Bagian Organisasi. Narasumber memaparkan materi yang terdiri atas kerangka logis manajemen perkantoran, manajemen kearsipan, manajemen korespondensi, filling system/ pemberkasan, dan manajemen arsip elektronik. Secara garis besar disampaikan bahwa Kegiatan perkantoran selama ini telah memberikan output berupa berkas yang perlu untuk dikelola (diarsip) sehingga  perlu dilaksanakan manajemen perkantoran secara tertib terutama pada Bagian Organisasi

  Berbagai diskusi mengenai manajemen arsip yang tertib di Bagian Organisasi sehingga menghasilkan output sebuah inovasi pengelolaan arsip berbasis elektronik melalui E-SI BRITA (Elektronik Arsip Bagian Organisasi untuk Pemerintah Kota Yogyakarta). Inovasi ini memiliki kelebihan dari sisi kepraktisan yakni kemudahan akses di mana setiap pegawai mampu mengakses arsip kapanpun dan dimanapun sehingga sharing knowledge bisa berjalan lebih cepat dan efektif. E-SI BRITA merupakan pengelolaan arsip berbasis elektronik yang mana pegawai mengelola arsip substantif dalam setiap tahap pengarsipan. Berawal dari melakukan pemberian kode klasifikasi, pemberkasan, saran simpan, dan sarana temu Kembali melalui Google Drive. Harapannya inovasi ini mampu diimplementasikan dengan baik oleh Bagian Organisasi serta berdampak luas untuk pegawai, dan jangka panjang mampu direplikasi di tempat lain.