FGD

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema “Strategi Peningkatan  SAKIP Perangkat Daerah” pada hari Rabu, 24 November 2021. FGD ini dilaksanakan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan SAKIP pada Perangkat Daerah dengan peserta pengampu ketugasan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan pada Perangkat Daerah/ unit kerja dan Tim pendamping SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta sedangkan Narasumber  adalah bapak Nurhadi Susanto, S.H, M.Hum yang merupakan Ketua Divisi Diklat di Manajemen Administrasi Publik FISIPOL UGM.

Dalam FGD  ini narasumber menyampaikan materi dan membagikan pengalamannya yang menunjang perbaikan SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Salah satu poin yang disampaikan bahwa dalam  penyusunan perencanaan kinerja berangkat dari segitiga piramida yaitu apa yang mau diubah ( visi misi) , apa yang mau dicapai (tujuan dan sasaran) dan apa yang mau dilakukan (program dan kegiatan). Kerangka kinerja yang didukung pendanaan tersebut harus jelas target kinerjanya, jelas proses bisnisnya dan jelas sumberdaya maupun komponen yang diperlukan. Narasumber juga menekankan bahwa pelaksanaan SAKIP harus kolaboratif dan terintegrasi.

FGD berlangsung interaktif dan sangat komunikatif  dengan adanya diskusi dan presentasi singkat penyusunan SAKIP Dinas Kesehatan. Selain itu peserta dari Dinas Kominfosan juga menyampaikan diskusi pada perencanaan kinerja dinas kominfo terkait pengelolaan pengaduan. Melalui FGD ini,  mengajak rekan rekan untuk bersama sama menindaklanjuti pengaduan dan meningkatankan pengelolaan pengaduan  (Complaining Handling) di Kota Yogyakarta guna mewujudkan SAKIP Pemerintah Kota Yogyakarta yang lebih baik.

 Narasumber menilai bahwa Implementasi SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta sudah cukup baik dengan meraih predikat A pada nilai SAKIP tahun 2020.  Kendati demikian,  narasumber tetap menekankan agar kualitas SAKIP terus ditingkatkan dan SAKIP yang disusun harus berorientasi pada hasil sehingga perbaikan SAKIP menjadi perbaikan perangkat daerah dan menjadi perbaikan pemerintah daerah. Tantangan dalam meningkatkan nilai SAKIP yaitu kinerja pemerintah bagus, SAKIP nilainya bagus dan kondisi riil masyarakatnya bagus.