JOGJA CORPORATE UNIVERSITY “PENDAMPINGAN LKIP PERANGKAT DAERAH”

JOGJA CORPORATE UNIVERSITY

“PENDAMPINGAN LKIP PERANGKAT DAERAH”

Oleh : Tri Wahyuningsih

Pada hari Kamis tanggal 9 Desember 2021, Bagian Organisasi telah menyelenggarakan Jogja Corporate University dengan tema “Pendampingan LKIP Perangkat Daerah”. LKIP adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. LKIP menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai dengan anggaran. Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyusunan LKIP dan implementasi SAKIP di seluruh Perangkat Daerah di Pemerintah Kota Yogyakarta yang akan berkontribusi pada peningkatan SAKIP pada tingkat makro Pemerintah Kota Yogyakarta.

Rangkaian acara “Pendampingan LKIP Perangkat Daerah” terdiri dari 3 (tiga) sesi yaitu 3 materi yang disampaikan oleh  3 (tiga) narasumber pakar/ahli dibidangnya. Sesi pertama berkaitan dengan perencanaan kinerja materi disampaikan oleh Zusri Kusuma Wardani, S.E. selaku Ka. Sub Bid. Pengendalian Pembangunan Daerah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Dalam materi tersebut disampaikan bahwa perencanaan secara garis besar adalah menjawab pertanyaan “apa yang mau diubah” tertuang dalam Visi, kemudian “apa yang ingin dicapai” tertuang dalam tujuan, dan “apa yang mau dilakukan” tertuang dalam program dan kegiatan. Narasumber juga menyampaikan bahwa sejak tahun 2019 SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta telah berhasil meraih predikat A dengan faktor terbesar penyebabnya adalah penyusunan proses bisnis RPJMD (komponen perencanaan dalam evaluasi SAKIP).

Materi kedua terkait penyusunan LKIP Perangkat Daerah disampaikan oleh Wahyu Siswanti, SIP, MPA selaku Ka. Sub. Bag Rerformasi Birokrasi. Pada sesi ini narasumber memaparkan materi teknis dan contoh dokumen LKIP. Materi terkahir terkait Evaluasi SAKIP disampaikan oleh Esti Rahayu Apriyanti, S.E. Selaku Auditor Madya Inspektorat Dan Ahmad Islahuddin, S.H. Selaku Auditor Muda Inspektorat. Pada sesi ini Narasumber menyampaikan proses evaluasi SAKIP dan hal hal penting dalam proses evaluasi SAKIP. Narasumber juga menyarankan sekema penilaian mandiri sebelum dilakukan evaluasi dari tim Inspektorat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai SAKIP Perangkat Daerah.

Jogja Corporate University dengan tema “Pendampingan LKIP Perangkat Daerah (9/12) ditujukan untuk seluruh pengampu ketugasan Keuangan, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan pada Perangkat Daerah/ unit kerjadan Tim pendamping SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta.