Studi Tiru Pemerintah Kabupaten Pati terkait Budaya Kerja dan Implementasi SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta

           Pada hari Rabu, 9 Maret 2022 WIB Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta menerima studi tiru dari Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Penerimaan studi tiru ini dilaksanakan di Ruang Kamajaya Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta dengan diskusi tentang budaya kerja dan implementasi SAKIP pada Pemerintah Kota Yogyakarta.

      Pemerintah Kabupaten Pati dihadiri oleh Kepala Bagian Organisasi sebagai pimpinan rombongan. Sedangkan dari Pemerintah Kota Yogyakarta, penerimaan diwakili oleh Sub Koordinator Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik, Sub Koordinator Reformasi Birokrasi, Analis Kebijakan Madya, Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan pada Bagian Organisasi, serta Sub Koordinator Pengendalian Pembangunan Daerah Bappeda.

      Diskusi studi banding ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan Sub Koordinator Ketatalaksanaan dan Pelayanan Publik Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, perkenalan dari pimpinan rombongan, kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi. Diskusi berlangsung menarik, mulai dari budaya kerja SATRIYA, pendampingan agent of change budaya SATRIYA, serta implementasi SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta.

            Sub Koordinator Pengendalian Pembangunan Daerah dari Bappeda menjelaskan bahwa perolehan nilai A pada nilai SAKIP Pemerintah Kota Yogyakarta ini salah satunya adalah karena adanya komitmen pimpinan dan komitmen bersama dalam mendapatkan nilai A. Kolaborasi yang baik antar perangkat daerah/unit kerja di Pemerintah Kota Yogyakarta juga berpengaruh dalam implementasi SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta.