Bagian Organisasi Fasilitasi Diskusi Kelompok Terarah Gerakan Indonesia Melayani

Pada hari Rabu 18 Mei 2022 Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta bersama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta memfasilitasi kegiatan Diskusi Kelompok Terarah Gerakan Indonesia Melayani. Kegiatan ini merupakan rangkaian kunjungan dari Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dalam rangka mendapatkan masukan terkait penyusunan Pedoman Kerja Pembentukan Penguatan Gugus Tugas Daerah untuk pelaksanaan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang salah satu programnya adalah Gerakan Indonesia Melayani (GIM).

Dalam rangka memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia,  pemerintah Indonesia selama beberapa tahun terakhir melaksanakan Revolusi Mental. Secara lebih lanjut, menurut Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2021 tentang Pedoman Umum Gerakan Nasional Revolusi Mental, Revolusi Mental dikembangkan sebagai sebuah gerakan nasional untuk mengubah cara pandang, sikap dan perilaku yang berorientasi pada kemajuan melalui internalisasi Nilai-nilai Strategis Instrumental Revolusi Mental (NSIRM) pada individu, masyarakat, keluarga, institusi sosial, sampai dengan lembaga-lembaga negara. NSIRM adalah nilai-nilai instrumental yang merupakan jabaran dari nilai-nilai Pancasila dan bersifat strategis terhadap perkembangan bangsa saat ini. NSIRM tersebut meliputi nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong yang merupakan nilai luhur budaya bangsa.

Merespon hal tersebut maka dilaksanakan Diskusi Kelompok Terarah dengan melibatkan beberapa unsur yakni Pemerintah Kota Yogyakarta, Lembaga Ombudsman, Lembaga Swadaya Masyarakat serta Akademisi. Kegiatan Diskusi Terarah ini dibuka oleh Bapak Drs. Nurwidihartana selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta Ibu Patricia Heny Dian Anitasari, S.H., M.Hum. Acara kemudian dilanjutkan paparan dari Bapak Insan Fahmi, S.T., M.M selaku Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat KemenpanRB RI mengenai Peran Pusat Perubahan dalam Mendukung Gerakan Indonesia Melayani (GIM) dan Upaya Perbaikan Kualitas Pelayanan Publik. Secara lebih detail Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Yogyakarta, Bapak Drs. Nurwidihartana menyampaikan praktik pelayanan publik yang dilakukan pemerintah Kota Yogyakarta yang menunjukkan komitmen Yogyakarta menuju Indonesia Melayani. Melengkapi paparan sebelumnya Ibu Tenti Novari Kurniawati, M.A (Direktur Ide dan Analitika Indonesia) menyampaikan Dukungan Masyarakat Sipil untuk Memperkuat Akses dan Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik kemudian paparan terkait Pelayanan publik dan Korupsi dibahas secara historis oleh Bapak Zaenur Rohman yang merupakan Peneliti dari Pusat Kajian Anti Korupsi Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.