Pengembangan Kapasitas SDM bersama Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara se-DIY

Pada hari Selasa, 13 Desember 2022, Bagian Organisasi Kota Yogyakarta menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Forum Komunikasi Pendayagunaan Aparatur Negara. Kegiatan Forkompanda ini dihadiri oleh Bagian Organisasi Kota/Kabupaten se-DIY dan Biro Organisasi Provinsi DIY. Bertempat di Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Forkompanda 2022 ini dikemas secara menarik dengan menyertakan kegiatan outbond sederhana. Outbond ini dilaksanakan dalam rangka mempererat hubungan dan membangun kebersamaan antar Bagian Organisasi se-DIY dan Biro Organisasi.

Adapun materi kegiatan outbound terdiri dari beberapa permainan yang banyak memiliki makna terhadap tugas yang dilaksanakan oleh para pegawai. Salah satu contohnya adalah permainan “komunikata”, diharapkan dengan permainan tersebut peserta bisa menyimpulkan pentingnya komunikasi antar pihak dan tetap mengawal informasi agar tersampaikan secara tepat dan akurat.Melalui kegiatan outbound sederhana ini, diharapkan dapat memupuk kebersamaan sekaligus meningkatkan rasa solidaritas antar pegawai. Selain itu dapat memberikan motivasi dan inovasi dalam melaksanakan tugas yang diemban. Outbound ini bertujuan untuk melatih kecakapan dan keterampilan serta mengasah kemampuan peserta sehingga diharapkan pesan dari pembelajaran yang diperoleh dari kegiatan ini dapat diimplementasikan saat kembali bertugas dan menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi. Manfaat dari pelaksanaan outbound ini adalah:

  1. Mengasah jiwa kepemimpinan seseorang terutama ketika mengatasi permasalahan.
  2. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.
  3. Meningkatkan kemampuan aktualisasi diri.
  4. Melatih kerjasama tim dan merekatkan kebersamaan.

Kekompakan yang terbentuk saat outbound diharapkan terbawa seterusnya dalam pekerjaan sehingga pegawai lebih solid dan dapat saling berkolaborasi untuk memecahkan masalah. Setelah pelaksanaan outbond, acara dilanjutkan dengan acara diskusi untuk menyampaikan perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan serta permasalahan yang dihadapi oleh Bagian Organisasi Kota/Kabupaten dan Biro Organisasi DIY.