Studi Referensi Sistem Kerja dan Reformasi Birokrasi Tematik dari Pemerintah Kabupaten Kendal

 

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta menerima kunjungan kerja dari  Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kendal pada hari Kamis, 12 Januari 2023. Kunjungan kerja ini untuk melakukan studi referensi dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan sesuai tugas pokok dan fungsi di Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kendal. Tema studi referensi ini terkait penyusunan kebijakan tentang sistem kerja pada Instansi Pemerintah untuk penyederhanaan birokrasi dan kebijakan reformasi birokrasi tematik di Pemerintah Kota Yogyakarta.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa kerangka rancangan Peraturan Walikota Yogyakarta mengenai sistem kerja sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 7 Tahun 2022 tentang Sistem Kerja pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi, terdiri atas mekanisme kerja dan proses bisnis. Ruang lingkup mekanisme kerja terdiri atas, kedudukan, penugasan, pelaksanaan tugas, pertanggungjawaban pelaksanaan tugas, pengelolaan kinerja, dan pemanfaatan teknologi informasi. Namun, pengaturan proses bisnis diatur secara umum yang mengamanatkan agar mengacu pada peraturan perundangan - undangan yang berlaku, agar pengaturannya tidak terjadi pengulangan ketentuan yang sama dengan regulasi yang sudah ada saat ini.

Terkait Reformasi Birokrasi Tematik, Pemerintah Kota Yogyakarta ditunjuk sebagai pilot project RB Tematik Pengentasan Kemiskinan. Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta telah menyusun Rencana Aksi Reformasi Birokrasi Pengentasan Kemiskinan yang ditetapkan dengan Keputusan Walikota Yogyakarta pada Tahun 2022. Rencana aksi terdiri atas identifikasi permasalahan, rencana aksi yang akan dilakukan, output akhir yang dihasilkan, tata kala per tri wulan, koordinator (Perangkat Daerah/ Unit kerja pengampu), serta pelaksana.