Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta Selenggarakan Workshop Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dengan Tema Kebijakan Sumber Daya Manusia Pasca Penyederhanaan Birokrasi

Selasa, 14 Maret 2023, Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta menyelenggarakan Workshop  Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja dengan Tema Kebijakan Sumber Daya Manusia Pasca Penyederhanaan Birokrasi yang dilaksanakan di Hotel Jambuluwuk, Jalan Gajah Mada No. 67, Purwokinanti, Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah/Unit Kerja, serta dibuka dan diberikan sambutan oleh Asisten Administrasi Umum, Drs. Kris Sarjono Sutedjo, didampingi oleh Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta, Patricia Heny Dian Anitasari, S.H., M.Hum. Bertindak sebagai moderator adalah Kepala Sub bagian Kelembagaan dan Analisa Jabatan, Prathama Nugraha, S.E., M.Sc.

Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Analis Kebijakan Pertama dari Kementerian PAN-RB, Isti Isrokhimah, S.Psi. yang memaparkan tentang Penyusunan Perencanaan Sumber Daya Manusia Aparatur di Pemerintah Kota Yogyakarta.

Materi yang disampaikan adalah mengenai langkah-langkah dalam menyusun perencanaan Sumber Daya Manusia pasca Penyederhanaan Birokrasi yang meliputi: Perhitungan analisis kebutuhan Sumber Daya Manusia, Proyeksi kebutuhan SDM dalam lima tahun, Analisis Persediaan SDM, Proyeksi perencanaan SDM dan Menyusun perencanaan SDM. Oleh karena itu, dalam menyusun perencanaan SDM diperlukan untuk menetapkan Analisis Jabatan dan menghitung Analisis Beban Kerja untuk menghasilkan Peta Jabatan, Uraian Jabatan dan Kebutuhan SDM di setiap jabatan. Harapannya adalah dengan menyusun perencanaan Sumber Daya Manusia, maka penyelenggaraan pemerintahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien, dan menghasilkan Sumber Daya Manusia Aparatur yang profesional dalam urusan pemerintahan.