Bagian Organisasi dan BKPSDM Kota Yogyakarta Bersinergi dalam Meningkatkan Kompetensi Pegawai melalui Bimtek Entri Data SIMONA

Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta bersinergi dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusias (BKPSDM) Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Bimtek Entri Data SIMONA pada Selasa, 18 Juli 2023 di Hotel Royal Darmo. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai dan kelancaran pengisian data pada aplikasi SIMONA. SIMONA adalah sistem informasi dari Kementerian Dalam Negeri yang digunakam untuk melakukan monitoring pelaksanaan analisis jabatan, beban kerja, evaluasi jabatan, anggaran dan penerapan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) di pemerintah daerah. Oleh karena itu, setiap Pemerintah Daerah wajib melakukan input data pada aplikasi SIMONA untuk mendukung pelaksanaan monitoring tersebut.

Pemerintah Kota Yogyakarta sebetulnya sudah melakukan entri data SIMONA, namun adanya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 45 Tahun 2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 1103 Tahun 2022 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah berdampak pada perubahan hasil analisa jabatan dan beban kerja serta evaluasi jabatan yang menjadi basis data untuk dientri pada aplikasi SIMONA. Dalam hal ini, Bagian Organisasi dan BKPSDM menghadirkan narasumber dari Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian Dalam Negeri yaitu Ibu Puji Wijayanti, S.Kom., Analis Sumber Daya Manusia Ahli Muda yang didampingi oleh tim untuk memberikan paparan dan bimbingan teknis terkait pengisian data pada aplikasi SIMONA pasca penyesuaian nomenklatur jabatan pelaksana dengan PermenPANRB nomor 45 Tahun 2022. Dengan adanya Bimtek Entri Data SIMONA ini diharapkan dapat memberikan kelancaran proses pengisian data SIMONA oleh perangkat daerah. (Luvi)