Penguatan Budaya Kinerja di Lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta

Bagian Organisasi Setda Kota Yogyakarta menginisiasi penyelenggaraan Workshop SAKIP: Penguatan Budaya Kinerja yang dilaksanakan pada hari Selasa, 10 September 2024 dan bertempat di Hotel Kimaya Sudirman Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan SAKIP di Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya pada tahapan penjenjangan kinerja dalam rangka mempersiapkan penyusunan RPJMD dan Rencana Strategis 2025-2029. Sasaran workshop ini adalah seluruh Kepala Perangkat Daerah Kota Yogyakarta yang diundang secara luring dan diikuti oleh seluruh ASN secara daring. Workshop ini diselenggarakan secara hybrid untuk dapat menjangkau lebih luas unit organisasi tertinggi sampai dengan yang terendah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Workshop SAKIP ini dihadiri oleh 3 (tiga) narasumber. Bapak Penjabat Walikota Yogyakarta 2024, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A. menjadi narasumber pertama memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Bapak Pj. menekankan bahwa Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah harus dikuatkan menjadi satu bentuk budaya kerja. Selanjutnya Bapak Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta, Ir. Aman Yuriadijaya, M.M. juga turut menyampaikan materi berkaitan Strategi Perbaikan SAKIP melalui Penguatan Budaya Kinerja. Secara lebih teknis, Ibu Ummu Nur Hanifah, S.I.A. , Analis Kebijakan Ahli Muda dari Kementerian PANRB menjadi pemateri berkaitan tujuan SAKIP dan konsep penjenjangan kinerja dalam kerangka SAKIP.

Sebagai tindak lanjut workshop ini, akan diselenggarakan pula Pelatihan Penyusunan Renstra Tahun 2025 - 2029 bagi pengampu teknis perencanaan, evaluasi dan pelaporan (PEP) di seluruh Perangkat Daerah, selanjutnya pemaparan hasil oleh Kepala Perangkat Daerah.